Selasa, 28 Januari 2014

Yang Kecil Terabaikan

Entah kenapa setiap urusan dengan pemerintah seringkali ribet. Urusan kependudukan misalnya; KTP saya sampai sekarang ini tidak ada yang benar. Dulu, tahun lahir saya ditulis 1990, seharusnya 1994. Setelah diganti, masih juga terdapat kesalahan berupa foto yang miring dan tidak berwarna, plus tidak ada keterangan golongan darah. Selain KTP, kartu keluarga keluaran terbaru juga terdapat kesalahan pada tanggal lahir. Sungguh ironis, memang; benda sekecil dan sesimpel itu tidak ditangani dengan baik. Saya heran; bagaimana sih kinerja mereka? Apakah saya harus menuliskan apa yang saya ucapkan kala memberitahu kesalahan yang ada pada mereka? Hmm.
Bukan hanya kependudukan, tetapi juga hal-hal lain yang berurusan dengan pemerintah. Amat sering hal-hal semacam itu membuat kecewa. Maka, tak jarang kata-kata satir dan sarkas keluar dari mulut, menghujat pemerintah. Tak jarang pula, saya mengabaikan issu-issu tentang birokrasi dan politik. Bagaimana tidak, gara-gara KTP yang tidak layak saya seringkali mendapati masalah kala berurusan dengan hal-hal yang membutuhkan kartu identitas diri. Hmm. Mau marah, tapi marah kepada siapa? Yah, percuma marah. Dalam hati yang diliputi kegusaran, saya berharap supaya di masa yang akan datang, ketika para pemimpin tergantikan dengan yang muda, tak akan ada lagi pengabaian yang menjengkelkan semacam ini. Hal kecil, namun sangat berarti. Pemerintah atau siapapun yang mengurusi hal kecil tersebut seharusnya tahu dan sadar akan pentingnya bekerja dengan benar sesuai janji baktinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar