Kamis, 12 September 2013

Missionaris

Perhatian:
*Beberapa bagian menggunakan bahasa Jawa
*Istilah bercetak tebal memiliki keterangan di bagian paling bawah teks


Hari ini semestinya bisa menjadi hari baik bagiku untuk tidur dan istirahat sebanyak-banyaknya. Namun alih-alih berbahagia di Rabu malam, aku justru malas untuk menyambut hari ini. Ketika bangun, rasa malas dan bosan, serta jengkel bercampur menjadi satu. Aku takkan punya kesempatan untuk tidur sepanjang hari ini, sebab ketika biarawati tahu motorku ada di garasi, aku harus bekerja. Tiap libur harus bekerja. Dan pagi ini dengan seribu keterpaksaan kaki bergerak ke kamar mandi, tangan melepasi pakaian, lalu mendayung air yang dinginnya bukan main. Setelah badan kedinginan, lagi-lagi, dengan seribu keluhan tentang kebosanan, kaki menggiringku untuk membantu Mamat(salah satu karyawan di Betlehem). Daun-daun berguguran dan menumpuk tebal. Sungguh menyusahkan menyapu halaman luas hanya berdua. Di saat hati masih dipenuhi dengan suara-suara pergumulan, dari jauh terlihat sosok-sosok yang tidak asing. Mereka berempat; tengah bersepeda bersama rekan-rekan mereka yang kesemuanya adalah pria. Tidak asing lagi, mereka adalah para missionaris dan calon missionaris Kongregasi Misi; dan yang berempat adalah kawan-kawanku ketika masih di seminari. Mereka adalah Aldo, Ovan, Bertus, dan Rinto. Dari kejauhan Ovan dengan ragu menyapaku. Aldo, Bertus dan Rinto tampak juga menoleh kearahku.
Deret paling bawah, di kanan gambar: Aku, Aldo, Ovan. Rinto
adalah ia yang berjongkok disamping kanan
Carel (kiri bawah berseragam).
Ia yang berkemeja batik adalah pemusik dan missionaris hebat;
beliau sekarang tengah menempuh studi di Jerman. Hebat!
*Gambar ini diambil dari kamera lamaku yang telah rusak
"Do..Aldo..." aku berteriak.
"Wei...Sep.."
Semuanya menoleh dan..kamipun bereuni. Aku sangat bahagia, sungguh sangat bahagia, melihat mereka yang masih berjuang untuk menjadi missionaris, dan kini berjumpa kembali dan membawa seribu kenangan manis dan membawa semangat. 
"Weh...suangar saiki Septi" Ovan memuji. "Jenggot'e iku lho, puehhh, suangarrr", imbuhnya.
Bertus dan Aldo juga berkata demikian. Membahagiakan, kami tadi berbincang-bincang sebentar sebelum Romo Armada, pemimpin rombongan pria-pria pemberani tersebut memanggil mereka semua untuk sarapan di Wisma Betlehem ini. Akupun melanjutkan kerjaku dengan dipenuhi kegembiranan. Semangat telah kembali. Beberapa saat, rombongan itu selesai sarapan dan bergegas melanjutkan 'bersepeda' mereka. Aldo, dkk berpamitan padaku.
"Wiss, tak dongakne sukses sampek tahbisan yo.." kataku pada Aldo.
"Matur suwun bro...Perjalanan masih panjang Sep... perjuangan bakal lama," jawabnya.
"Kuat kok. Aku yakin bakalan tercapai." Kusampaikan dukunganku padanya dan kami TOSS!!!
"Sukses ya Tus," kataku pada Bertus.
"Oke bro...dongakno wae,,, aku iki mboh kuat mboh ora, kok, bro," jawabnya dengan penuh keraguan.
"Bisa kok bro, tak dongakno terus." Kamipun TOS!!
Lalu, kuhampiri Ovan. 
"Van, sing kuat ya sampek berhasil"
"Aminn, dongakno ya Sep.."
"Oke, sukses, coi..."
Kamipun toss.
Kemudian Rinto. Kuberikan kata-kata dukunganku kepada kawan ini, lalu bertoss. 
Rombongan bergegas pergi. Para missionaris mengayuh kembali sepeda mereka. Keempat kawan bergerak perlahan sambil melambai-lambaikan tangan mereka. Sungguh sangat bahagia bisa bertemu mereka kembali. Aku yang dipenuhi semangat dan kerinduan untuk bercakap-cakap lebih lama dengan mereka, melanjutkan pekerjaanku dengan kegembiraan.
Terimakasih, Tuhan...Semoga kelak mereka berhasil menjadi missionaris.

Catatan:
1. Betlehem adalah suatu kawasan yang berfungsi seperti Villa; disewakan; namun ini lebih ke hal-hal yang bersifat kerohanian.
2. Missionaris: Orang-orang luar biasa yang mau membaktikan dirinya untuk kesejahteraan orang lain. Mereka diutus ke pedalaman-pedalaman untuk memperkenalkan pendidikan, membuka pandangan orang-orang primitif akan hidup, dan memperkenalkan Tuhan pada mereka. 
3. Kongregasi Misi: Sebuah serikat missionaris yang memiliki daerah-daerah misi di tempat-tempat tertentu. Biasanya, daerah misi mereka adalah pedalaman Kalimantan, Papua Nugini, Papua, Taiwan, pedalaman-pedalaman di Afrika, Meksiko, dan lain-lain.

1 komentar: