Kamis, 10 April 2014

Akhir Satu Pencarian

Di masa kecil, dunia memperkenalkan saya dengan yang namanya kedamaian, lewat A Whiter Shade of Pale.  Lagu itu sangat mengena dan memorable. Saya pertamakali mendengarnya saat layanan internet masih belum mapan, mungkin sekitar tahun 1999-an, dari tape analog yang memutar kaset berisi lagu-lagu jadul barat kepunyaan bibi saya. Pada waktu itu judul dan penyanyinya masih belum diketahui, karena sampul dari kaset tersebut sudah hilang entah kemana. Jadi pada saat itu hal yang bisa dilakukan adalah menikmati lagunya dan mengagumi penyanyinya, yang entah bagaimana rupanya. 
Suatu ketika, kaset tape analog yang memuat lagu itu hilang entah bagaimana. Tak ada kesedihan atas hal itu, namun beberapa tahun kemudian, ketika mendengar lagu itu di suatu tempat asing, rasa kerinduan muncul dari dalam hati, suatu kerinduan yang amat dalam, yang terpendam waktu. Saya masih kelas enam SD, kira-kira, masih belum terlalu mahir untuk mengoperasikan alat-alat berteknologi untuk mencari sang melodi yang hilang. Kemudian, selanjutnya saya harus menjalani hidup dengan menyimpan rasa rindu untuk mendengar lagu itu lagi, karena tak ada lagi yang memutarnya.
Bertahun-tahun, rindu itu dipendam, di sudut hati yang dalam dan gelap, sehingga saya bisa untuk tidak memikirkannya, namun, tetap mencari dan masih berusaha. Akhirnya, pada (kira-kira satu) tahun lalu, saya mendengarnya kembali di kumpulan lagu-lagu jadul versi instrumental di laptop. Sungguh bahagia bukan main! Saya menemukan harta yang hilang! Harta semenjak masa fajar hidup saya, yang menuturkan kedamaian jiwa. Sungguh, saya gembira sekali. Bisa engkau bayangkan sendiri bagaimana rasanya rindu bertahun-tahun kemudian menemukan apa yang selama ini sangat dirindukan. Apa yang selama ini menghilang, diketemukan kembali.
Saat inipun, saya amat sangat bangga atas pertemuan kembali dengan melodi yang sempat menghilang dari hidup saya itu. Kasus yang sama juga terjadi pada lagu Always Somewhere-nya Scorpion, namun saya hanya menunggu kira-kira empat tahun untuk mengetahui judul dan memiliki lagunya selamanya (di kaset digital maksudnya). 
 Kini, tidak perlu lagi mencari-cari, sebab judulnya sudah diketahui: A Whiter Shade of Pale, dan band yang menyanyikannya, Procol Harum (Britis).
My life has been a beautiful life since You introduced me to songs and melodies, O Lord!
Hidup saya telah indah sejak fajar merekah, sejak lagu-lagu dan melodi mengawali hari dengan kedamaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar