Selasa, 28 Oktober 2014

Tentang Perhatian Sederhana

Hal sederhana yang seseorang lakukan untuk seorang lain kadangkala justru merupakan sesuatu yang luar biasa. Ini seperti apa yang dialami teman saya, sebut saja Ce. Ia berulangtahun beberapa hari yang lalu dan pada malam sebelum hari itu tiba, lebih tepatnya tengah malam pada saat pergantian hari, seorang kawan mengiriminya semacam voice note nyanyian "Happy Birthday". Tanpa iringan musik dan hal-hal meriah lainnya, ia menyanyikan lagu itu pelan dengan suara khasnya yang biasanya membuat teman-temannya gemas (karena seperti suara anak kecil, katanya).
"Happy birthday to you..
Happy birthday to you..
Happy birthday..happy birthday,
Happy birth....day..to..you..!"

Tampak sederhana apabila anda mendengar sendiri voice note itu. Namun, di dalamnya terpancar perhatian tulus seorang teman dekat kepada kawannya yang berulangtahun. Si Ce yang berulangtahun sangat bersukacita karenanya dan katanya (tadi siang) ia sempat menangis terharu saat mendapati kawan itu menjadi yang pertama yang memberi ucapan ulangtahun seindah itu selama hidupnya. Ohya, bukan hanya Ce saja namun juga beberapa teman perempuan lainnya menjadi terharu karena ucapan itu. Hebat! Saya beri jempol untuk yang menyanyikan ucapan "Happy Birthday" itu. 

Bagi saya sendiri, ini sesuatu yang menarik untuk menjadi contoh nyata tentang pesan yang hendak saya sampaikan, yakni tentang hal-hal kecil yang kita lakukan untuk orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Mungkin kita tidak menyadari bahwa hal-hal kecil dan sederhana yang biasa kita lakukan dapat mengubah seseorang, atau beberapa orang, atau bahkan banyak orang.
Ini seperti pengalaman saya sendiri; suatu hari saya sedang bersusah hati dan berkendara menuju tempat tinggal dengan raut muka sedih. Namun, di tengah jalan saya bertemu dengan beberapa kawan yang menyapa dengan senyum dan lambaian tangan yang ramah. Seketika itu juga, setelah membalas sapaan itu dengan senyuman juga, segala duka dan beban pikiran hilang. Lenyap. 
Nahh... tidak jarang lho hal-hal seperti ini saya alami. Such a simple thing, but a great encouragement. Mungkin anda juga mengalami hal yang sama, atau serupa tapi dalam pengalaman yang berbeda. Inilah. Hal-hal seperti inilah yang setiap orang mungkin perlu pahami, agar bersyukur atas dirinya dan lebih giat menjadi agen penabur keramahan.

Make the world a better place for you and me, with kindnessess!
Salam!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar